Home > IT KNowledge dan Komputer > Bagaimana Komputer anda aman dari Virus, Malware dan Spyware:

Bagaimana Komputer anda aman dari Virus, Malware dan Spyware:

January 11, 2010 Leave a comment Go to comments

Bagaimana Komputer anda aman dari Virus, Malware dan Spyware :

Panduan singkat ini mungkin akan sangat berguna bagi anda yang selalu menjalankan aktifitas dengan mengandalkan Laptop ataupun PC yang selalu terhubung dengan jaringan Internet.


Merupakan kenyataan bahwa Internet adalah tempat yang nyaman dan sangat membantu anda dalam memberikan informasi dan komunikasi yang dibutuhkan, akan tetapi internetpun berpotensi membahayakan dan tidak aman untuk komputer anda. Untuk itu anda haruslah cermat dan cerdas dalam menggunakan perangkat yang terhubung dengan jaringan internet ini. Saya tidak bermaksud untuk menakut-nakuti ataupun menyuruh anda supaya melakukan pengamanan yang serba extra ketat terhadap Laptop ataupun PC dengan menyuruh anda pergi ketoko, mencari serta membeli perangkat software agar Laptop anda menjadi aman dari serangan Virus, Malware dan Spyware tetapi saya akan memberikan tips dan cara yang aman serta sangat sederhana untuk kepentingan proteksi Laptop/PC anda.
Yang perlu diingat bahwa panduan ini saya berikan untuk pengguna Laptop/PC dengan OS berbasis Windows.

SpyWare dan MalWare :
Spyware dan malware adalah software yang diinstal kedalam system anda dengan tanpa persetujuan (Silent Installation), meskipun akibat yang ditimbulkan belum merupakan kerusakan yang mendasar (Fundamental) terhadap System Laptop/PC anda tetapi didalam pelaksanaanya akan sangat mengganggu kinerja Laptop/PC anda yang antara lain melakukan advertisment2 yang tidak dikehendaki dengan memakan waktu pengoperasian yang lama dalam menjalankan System ataupun membuka File yang diinginkan sehingga kinerja Laptop/PC anda akan menjadi sangat lamban, Spyware dapat melakukan aktifasi Login ke mesin anda, termasuk email2 yang anda kirimkan, merekam situs2 ataupun site yang telah anda kunjungi dan mengirimkan informasi ini kepada pihak tertentu untuk kepentingan diluar sepengetahuan kita. Kalau hal ini terus dibiarkan tentunya akan sangat mengganggu kenyaman kita dalam menggunakan perangkat yang satu ini.

Virus Komputer :

Virus dapat melakukan apapun yang tidak dapat dilakukan oleh Spyware dan Malware. Kinerja Virus ini jauh lebih luas dibandingkan Spyware dan Malware, dia dapat merusak system komputer anda, merusak Sytem Operasi dan Installasi komputer anda, termasuk menghapus data dan bahkan dapat merusak Hardware yang tertanam didalam mesin anda.

Kedua “makhluk” yang saya jelaskan diatas tadi ( SPyware dan MalWare serta Virus-Red) adalah merupakan perangkat lunak (Software) yang mempengaruhi hampir 90% kerusakan system yang dialami semua pengguna Komputer/Laptop didunia. Kerusakan yang ditimbulkan dapat merupakan kerusakan yang tetap (permanent) dan hanya dapat diobati dengan melakukan ReFormating atau memformat ulang System anda. (Saya sangat tidak menyarankan untuk melakukan tindakan Reformating jika pengetahuan anda terhadap Komputer masih sangat minim).

Berikut ini adalah tips bagaimana mengamankan Laptop/PC anda (Software/Perangkat Lunak serta Tips2 yang dibutuhkan) :

1. Sekali lagi saya tidak merekomendasikan anda untuk merogoh kocek anda dengan membeli software antivirus atau anti Spyware ataupun anti lainnya demi kenyamanan proteksi komputer anda.
Untuk menjaga komputer anda tetap aman dari virus, cukup dengan menggunakan antivirus yang tersedia di Internet secara Free alias Gratis, sekarang ini begitu banyak yang menyediakan layanan anti virus yang dapat diunduh atau didowmload secara gratis, saya akan memberikan beberapa contoh anti virus yang saya ketahui (berdasarkan pengalaman pribadi, hasil survey dari beberapa refrensi yang saya baca juga berdasarkan sharing dengan sesama pemerhati antivirus2 tersebut) dan sangat berguna sekali untuk ditugaskan memproteksi komputer anda, disini saya akan memberikan 3 jenis antivirus tersebut al:

2. Sedangkan untuk memproteksi komputer anda terhadap Malware dan Spyware yang tidak anda inginkan, anda dapat membenamkan dengan cara menginstall software yang diberikan secara gratis pula di layanan Internet dan dijalankan secara berkala untuk membersihkan Komputer anda dari serangan malware dan SpyWare.
Ada beberapa software yang diberikan secara gratis antara lain SpyBot Search and Destroy , Spy Doctor bisa juga menggunakan AdWare.
Anda dapat menjalankan dua program Anti Spyware dan MalWare sekaligus untuk melakukan kombinasi proteksi jika dibutuhkan (jika salah satu kehilangan dan tidak dapat menemukan, yang lain bisa mendapatkan serta melenyapkannya).

Yang paling terpenting didalam menggunakan piranti anti virus dan ati Spy ataupun MalWare tersebut adalah anda harus sering2 meng-updatenya sehingga dapat melakukan proteksi secara maksimal di komputer anda.

3. Browsing Software.
Dalam menjalankan Internet usahakan dengan menggunakan Program Opera ataupun Mozilla Firefox. Kedua program ini akan menghapus dari kebanyakan Malware dan SpyWare dengan security yang diberikan. Upayakan dalam melakukan browsing internet hindari menggunakan Internet Eksplorer ( IE ) karena IE sangat terintegrasi dengan system sehingga memberikan celah2 yang mudah “makhluk2” tersebut melakukan penyerangan. Dengan anda tidak menjalankan IE berarti anda telah menghapus jejak2 yang mungkin ditemukan untuk masuk bersarang kedalam System anda. Untuk pengguna Pemula mungkin Mozilla Firefox sangat cocok digunakan (tampilannya sangat mirip dengan IE dan sangat familiar dengan pengguna IE) sedangkan Opera juga sangat baik untuk pengguna lanjutan karena didalamnya terdapat Fasilitas Email yang diberikan.

Dengan anda selalu memakai/ menjalankan salah satu dari program tersebut dalam melakukan browsing berarti anda sudah menjalankan salah satu SOP pengamanan yang baik terhadap Laptop/PC anda. (Kedua Program tersebut juga dapat di download dan digunakan secara gratis)

4. Menjelajah Internet (Browsing Intenet).
Hindarilah mengunjungi situs-situs web yang ilegal, dan mengadung eksplisit content, Crack, Warez, dll. (anda jangan mudah percaya mereka akan menyediakan Crack ataupun Serialkey ataupun Keygen yang anda butuhkan dalam menjalankan program2 tertentu, dikarenakan mereka saling berhubungan satu dengan lainnya dan sekali lagi anda tidak akan pernah mendapatkan yang anda inginkan.

Hindarilah situs2 yang menyediakan layanan yang berbau Pornografi.

5. Email dan SPAM
Diantara kita, banyak pengguna email yang menggunakan Outlook express sebagai email Client, ada juga yang menggunakan Opera, Thunderbird bahkan Microsoft Outlook. Saran saya adalah janganlah sekali2 anda membuka email dari orang ataupun pengirim yang anda tidak kenal sama sekali, kecuali anda benar2 yakin dan pasti darimana datangnya. dan jangan pernah pula membalas ataupun meneruskan email yang tidak pernah anda ketahui asalnya. Jika hal ini terjadi maka virus komputer ataupun malware tersebut dapat menyebabkan kerusakan system dan juga akan menjangkit atau menular disetiap alamat email yang anda berikan. Tapi anda janganlah gugup ataupun khawatir, sekali lagi jalankanlah antivirus yang telah anda benamkan untuk memproteksi komputer anda.
Mozilla Firefox ataupun Opera adalah salah satu alternative email client yang sangat aman digunakan untuk membuka dan membalas email-email anda.

Tips untuk menghindari Spam yang tidak anda inginkan:

  • Pertama anda harus dapat memberikan alamat email anda hanya kepada alamat yang benar2 anda tahu reputasinya.
  • Kedua adalah jangan pernah sekalipun membalas Spam mail walaupun seberapa gila dan banyaknya mereka mengirimkan ke alamat anda. Sekali anda membalas maka alamat email anda terkonfirmasi oleh mereka.

6. Bertindaklah sebagai User dalam melakukan Browsing.
Untuk category pemakai Computer ditingkat lanjutan, dalam menjalankan aktifitas Browsing Internet, bertindaklan sebagai “User” atau kalaupun anda ingin dapat menjalankan hampir sebagian besar program yang ada maka bertindaklah sebagai “Power User”.
Saran saya janganlah betindak sebagai “Administrator” jika anda harus melakukan aktivitas yang mengharuskan anda terhubung dengan internet. Karena sekali anda terinveksi dengan virus ataupun malware maupun Spyware pada saat anda bertindak sebagai “administrator” maka mereka dapat melakukan apa saja terhadap Laptop/ PC anda sesuai dengan keinginan mereka bahkan mereka dapat melakukan format terhadap harddisk anda.

7. Memblokir Remote Access:

Untuk mencegah PC anda diambil alih , nonaktifkan Remote Access. Feature ini tersedia dalam tab “Remote” di Properties My Computer, Hapuslah tanda (v) dalam kotak kecil didepan nya utk menonaktifkan.

8. Lakukan pengecekan routine terhadap Windows Firewall anda dengan cara menghidupkan atau mengaktifkannya.

Dari hal2 yang telah saya sampaikan dapat diambil kesimpulan sbb:
Internet pada kenyataanya adalah benar2 tidak aman untuk system komputer kita, tetapi jika anda benar2 dapat menjalankan tips2 yang saya berikan, maka anda sudah menjaga keamanan komputer dan system komputer untuk dapat berjalan lancar sesuai dengan fungsinya, selain menghindari keluarnya biaya2 ekstra untuk perbaikan andapun tidak kehilangan waktu serta informasi2 penting.
Lakukanlah proteksi dengan menjalankannya secara berkala.
Sama halnya dengan kehidupan dunia nyata, adalah menjadi bijaksana jika kita melakukan hal yang terbaik untuk sama2 menciptakan rasa aman dan yang terpenting adalah kita mempunyai tanggung jawab terhadap hal tersebut.

– Harjono Siswanto

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: